Dana Desa: Penyerapan ADD dan DD 2018 Semakin Membaik

0

(Lepmida – Nasional) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menyatakan rasa optimisnya bahwa  penyerapan Dana Desa 2018 yang lalu  mencapai di atas 98 persen.

Mengapa demikian? Karena Mendes PDTT ini meyakini semakin banyaknya desa yang menggunakan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes), makin banyaknya pendampingan yang dilakukan oleh pendamping desa sehingga hasilnya jauh lebih baik, dan upaya  sosialisasi serta partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pemberdayaan di desa jauh lebih banyak yang terlibat.

Sebagai contoh misalnya  di Kabupaten Basel , sebanyak 50 desa telah melakukan kegiatan sesuai prosedur dengan maksimal pada penyerapan ADD tahun 2018. Monitoring dan evaluasi data persentase penyerapan sampai dengan 27 Desember 2018, yaitu telah terserap 100 persen, baik yang bersumber dari APBN yaitu Dana Desa (DD) maupun APBD yaitu Alokasi Dana Desa (ADD).

Sedangkan di Kabupaten Kuningan persentasi penyerapaan ADD sudah mencapai Rp 94,5 atau 100 persen dan sejauh ini tidak ada kendala, semua sesuai prosedur penyerapan ADD. Strategi DPMD dalam upaya penyerapan ADD dan DD disusun dengan melibatkan stakeholder terkait diantaranya DPMD, BPKAD, Bagian Hukum, Inspektorat dan perwakilan dari camat yang terdiri dari kasi pemerintahan kecamatan, kepala desa dan perangkat desa . Evaluasi dilakukan melalui metode random sampling maupun melalui kecamatan.

Tahun 2019 ini, baik ADD maupun DD akan dilakukan penajaman pelaksanaan secara swakelola berbasis padat karya tunai. Selain itu, DPMD akan melakukan sinkronisasi dengan kebijakan supra desa baik RPJMD maupun kebijakan strategis nasional.

Terkait penguatan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa di Kuningan melalui ADD dan DD tahun 2019, Deniawan menegaskan, akan melalukan penajaman pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat namun tetap dalam koridor regulasi, sehingga aspirasi masyarakat dalam Musdes tersebut tidak keluar dari regulasi.

Upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam penyaluran dan penyerapan ADD dan DD ini mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan. Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapatkan Treasury Award dari Kementerian keuangan RI dalam hal penyaluran DD dan ADD atas penilaian tahun 2017.

Tantangan berikutnya untuk Dana Desa 2019 bukan hanya soal penyerapan, melainkan Dana Desa harus dioptimalkan untuk memperkuat SDM kepala desa dan perangkat desa dalam tata kelola pemerintahan desa.

Share.

Comments are closed.